Kamis, 22 September 2011

SUKSES SEBUAH TEAM

        Dalam sebuah Usaha, apapun usahanya, sudah dipastikan membutuhkan kerjasama. Team kerja bisa jadi antar pekerja dalam satu level pekerjaan, namun yang lebih penting adalah kerjasama antara pimpinan dengan yang dipimpin.
 
Sebenarnya dalam sebuah team tidak ada atasan dan bawahan. Sebuah team adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai visi yang sama namun dengan tugas masing-masing sesuai dengan kemampuan dan amanah yang diberikan kepadanya. Pimpinan dan yang dipimpin dinilai berhasil apabila bisa bekerjasama dan dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
Suatu ketika saya melihat anak saya menangis karena tidak dapat menyusun puzle dengan sempurna ternyata satu anak puzle  hilang entah dimana. Mobil mobilan remote anakku (...)

tidak bisa dimainkan hanya karena roda bagian depan terkena lem alteco sehingga roda tidak bisa berputar,  padahal body dan remote masih bagus, batere pun masih penuh. Mungkin seperti itulah gambaran teamwork. Setiap bagian ada fungsinya dan apabila 1 tidak berfungsi maka sebuah team tidak dapat berjalan sempurna.

Untuk mencapai kesuksesan sebuah team ada beberapa yang perlu dipraktekkan :

1. Punya 1 visi yang kuat

Semua posisi pada suatu teamwork adalah penting ,namun lebih penting untuk memahamkan kepada masing masing posisi kemana kita akan menuju,apa tujuan dan visi team yang sesungguhnya harus dicapai.

2. Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik antar sesama team work merupakan kunci mencapai sukses,percaya kepada orang lain,berfikir positif dan dapat dipercaya,kadang bukan what to say yang di inginkan tapi perhatikan how to say nya.

3. Komitmen untuk melangkah bersama

Pastikan semua individu dalam satu team memiliki komitmen untuk melangkah bersama demi satu visi dan tujuan yang harus dicapai.



4. Do’a

Satukan hati, fikiran dan tindakan dengan doa positif , hingga tujuan kita tercapai tidak semata mata untuk keuntungan team tapi juga sebanyak banyak orang lain.

1 komentar:

Akan cf mengatakan...

mantap!! ...'' misi.. ngomong2 ada loker pk/bu ..? trmkasih,,

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by http://www.facebook.com/SMNurhayati' - Premium Blogger Themes | Facebook Themes